UPDATE INFORMASI VIA RSS READER

Posted by kelompokpop3 Thursday 25 April 2013 0 comments

RSS READER

Saat ini informasi begitu mudah didapat melalui internet, namun bagaimana cara paling mudah untuk membaca informasi dari internet? Setiap orang tentu punya cara tersendiri yang dirasa paling enak, misalnya dengan membuka situs dan membacanya langsung. Pada tulisan kali ini kami akan menunjukkan cara membaca informasi di internet yang lebih praktis dan mudah diakses dari mana saja kapan saja.

RSS atau Really Simple Syndication adalah fasilitas yang umumnya diberikan oleh suatu situs untuk mengambil hanya isi artikelnya saja, hanya tulisan dan kadang-kadang disertai gambar. Begitu terdapat update terbaru pada website maka otomatis ter-update juga pada RSS.
Jadi anda mendapatkan beberapa keuntungan:


  • mendapatkan informasi secara efektif dan selalu update
  • hemat bandwith
  • mudah diakses dari komputer maupun perangkat mobile seperti handphone
  • setelah didowoad, anda dapat membacanya kapan saja secara offline

Bagaimana memperoleh RSS?

          Situs yang memiliki fasilitas RSS mudah dikenali dengan adanya logo seperti gambar di atas. Dengan mengklik logo RSS atau link menuju RSS, anda akan dibawa menuju laman web yang berisi daftar artikel beserta isinya (ada yang penuh atau hanya ringkasannya saja).

Banyak Cara Membaca RSS

1. Menggunakan RSS Client pada BrowseR



Beberapa browser seperti Opera atau Safari memiliki RSS client yang terintegrasi, sehingga begitu link RSS diklik, maka anda akan ditawarkan apakah akan berlangganan RSS tersebut dan membacanya melalui client tersebut atau tidak? RSS Client akan mendownload artikel dalam rentang waktu tertentu yang bisa diatur. Dengan begitu anda tidak akan ketinggalan berita atau artikel dari situs tersebut, tanpa harus membuka situsnya langsung.

Untuk anda pengguna Firefox atau Chrome, tersedia juga RSS Client dalam bentuk Ekstension/Add-ons seperti:

2. RSS Client untuk PC/Laptop

Untuk anda pengguna PC atau Laptop ada beberapa program RSS Client yang dapat diinstall. Diantaranya SurfPack, FeedDemon, Pluck, dll.
List program RSS reader lainnya bisa dilihat pada link berikut ini.

3. RSS Client untuk Perangkat Mobile
Saat ini banyak sekali RSS client untuk perangkat berbasis iOS (iPhone/iPod Touch), Android, Windows Mobile, Symbian, Blackberry maupun Java. Jadi hampir semua jenis handphone dan gadget saat ini bisa digunakan untuk membaca RSS.

Beberapa Client yang dapat anda pilih:

1.  RSS Clint Berbasis Cloud Computing

upvise_cloud3.jpg

Upvise, RSS Client berbasis cloud computing
Upvise adalah salah satu program RSS reader berbasis komputasi awan alias cloud computing , ia akan menarik semua isi RSS yang kita ikuti ke server Upvise dan baru kemudian disinkronkan dengan perangkat mobile yang kita punya ketika program Upvise dijalankan. Upvise dapat diunduh dan dikelola dari www.upvise.com.

Upvise memberikan beberapa keunggulan diantaranya:

  • Bisa mendaftar langsung ke situs yang memiliki RSS cukup dengan memasukkan kata kunci pencarian
  • karena berbasis komputasi awan, maka RSS list dapat diakses langsung dari berbagai perangkat tanpa harus melakukan setting ulang pada setiap perangkat, selain itu Upvise mendukung hampir semua operating system perangkat mobile saat ini.
  • mendukung format XML sehingga list RSS dapat diekspor/impor dari dan ke RSS clien lain
  • versi gratisnya sudah sangat memuaskan dan ditambah fasilitas lain seperti Contact List, Notebooks, Task Management, Shopping List, Financial Notes, dll
  • dapat diakses dan diatur dari PC/Laptop melalui websitenya

Sedangkan kelemahannya boleh dibilang minim, namanya juga gratis jadi kita tidak boleh terlalu banyak menuntut bukan? Mungkin yang menjadi titik lemah Upvise adalah:

  • tidak dapat menampilkan gambar
  • Upvise hanya mengunduh excerpt atau bagian awal artikel saja, untuk membaca artikel lengkap, anda harus terkoneksi ke internet.

2.   RSS Reader untuk iOS (iPhone, iPad dan iPod Touch)



Ini adalah layanan Offline Reader karena kemampuannya mengelola RSS yang kita langgan dengan baik. Kita dapat mendownload RSS ketika sedang terkoneksi ke internet dan isinya dapat kita baca kapanpun baik ketika online maupun offline (tidak terkoneksi ke internet).

Selain itu banyak sekali tersedia RSS Reader di AppStore, seperti Mobile RSS Free, Feeddler RSS Reader, Free RSS Reader, xFeed RSS Reader, GoReader, dll.

3.   RSS Reader untuk Android

Bagi pengguna Android, bisa mengunduh program RSS Reader dari Android Market seperti gReader, FeedR, FastReader, FeedSquares dan NewsRob.

4.   RSS Reader untuk Blackberry

Pengguna Blackberry juga jangan mau ketinggalan berita, Anda bisa kunjungi BlackBerry App World dan mencari aplikasi RSS reader seperti FreeRange RSS Reader, Viigo RSS Reader dan Plusmo.

5.   RSS Reader untuk Windows Mobile & Windows Phone 7

Perangkat berbasis Windows Mobile & Windows Phone 7 bisa menginstall Newsgator Go, Newsbreak, Bloglines for Mobile, Pocket RSS, dan masih banyak yang lainnya (lihat listnya di sini)

Untuk itu semua, kami sarankan jangan sampai ketinggalan informasi, pilih RSS Client favorit anda.


0 comments:

Post a Comment

Total PENGUNJUNG

sepakbola

ANTARA News